bob-marley-290x290

Bob Marley

Hari ini tanggal 6 Februari, tepat hari ulang tahun Bob Marley, seorang musisi reggae dan simbol perjuangan legalisasi ganja dari Jamaika. Melalui lagu-lagunya, Bob senantiasa menyuarakan aspirasi rakyat, mulai dari kritik sosial, cinta dan perdamaian sampai wacana legalisasi ganja yang sekarang ini tengah kita perjuangkan di Indonesia.

Lahir dengan nama lengkap Robert Nesta Marley, lahir di Nine Mile, Saint Ann, Jamaika tanggal 6 Februari 1945  dan meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat pada tanggal 11 Mei 1981 diusia yang ke-36 tahun.

Di usianya yang ke 14 tahun Bob Marley memutuskan keluar dari sekolah dan mulai belajar musik dengan sahabatnya Bunny Wailer dan Joe Higgs.

Bob Marley mulai mencintai musik dan membentuk band pada tahun 1962. Band pertama yang dibentuknya adalah The Teeneger. Ketika itu Bob Marley dan kawan-kawan memainkan musik ska rocksteady. Band inilah cikal bakal The Wailers, sebuah grup yang sangat populer hingga saat ini.

Pada tahun 1977 Bob Marley sebenarnya sudah didiagnosa mengidap kanker kulit, namun hal tersebut disembunyikan dari publik tanpa alasan yang jelas.

Seperti istrinya, Rita, ia adalah seorang menganut Rastafarianism. Rastafari adalah suatu kepercayaan yang lahir di Jamaika, namun sebagian orang lebih suka menyebutnya sebagai way of life. Rambut gimbal merupakan ungkapan kebanggaannya pada tanah kelahiran dan juga sebagai simbol pendekatan diri kepada Jah (Tuhan). Dalam ritual keagamaannya, Bob Marley menggunakan ganja untuk mencapai spritualitas tinggi.

Tahun 1977 Bob mendapati luka di jempol kakinya. Pada awalnya ia mengira bahwa luka tersebut didapatinya setelah ia bermain sepak bola, namun justru cedera itulah awal mula penyebab kematian Bob Marley. Dokter menjelaskan bahwa ia mengidap kanker kulit dan menyarankan Bob untuk mengamputasi jempol kakinya, namun karena kepercayaan yang dianutnya melarang hal tersebut, maka Bob marley menolak saran sang dokter.

Bob Marley mendapatkan penghargaan Rock and Roll Hall of Fame dan Grammy Lifetime Achievement Award atas karya-karya yang diciptakannya.

Pada tahun 1997, Bob Marley dinobatkan dalam Counterculture Hall of Fame pada acara High Times Cannabis Cup sebagai simbol gerakan legalisasi ganja.

Secara biologis, Bob Marley memiliki 9 anak dari 7 wanita berbeda. Bob juga pernah mengadopsi 2 anak semasa hidupnnya. Dari ke-9 anaknya, 7 diantaranya berprofesi sebagai penyanyi. Mereka adalah Sharon, Cedella, Ziggy, Stephen, Julian, Ky-Mani, dan Damian.

Bob Marley dimakamkan di ruang bawah tanah di Nine Milem St. Ann Parish, Jamaika bersama barang-barang favoritnya seperti gitar Les Paul, bola sepak, kitab Rastafarian dan daun ganja.

Meskipun telah lama meninggalkan fansnya, namun karya Bob Marley dipastikan akan tetap abadi di dunia. Tak salah bila ia disebut sebagai seorang legenda. Semoga Bob menemukan kedamaian di sana (cpt)

  • Kareem Abdul Jabbar

    awesome! herb does grow. ‘we are not taliban we are rastaman’

  • Densus Anggota

    misi ya bro.. gw mo nanya..bukannya Uncle Bob Marley meninggalnya karena kanker?? nah, kata2nya Kanker tuh bisa disembuhkan dengan daun ganja .. bener gak?? trus beliau kan juga konsumsi ganja..trus kenapa Kanker’nya masih ada??? tolong dijawab ya min :) gw dsini cmn tanya, tlg beri jawaban yg siiiip man

    • love’s rege

      haha .. ya mungkin pas jamannya om bob belum tau cara make ganja buat obatin kanker.

  • simon ardy

     mau tanya ni
    kalo bob marlry tu memang mekonsumsi ganja ? apa tidak???

    • fanatiCanz

      Sangat amat ngeganja… Buat Marley, ganja bukan sekedar happy, bukan sekedar bersenang-senang. tapi lebih ke spritualitas, mendekatkan diri pada Jah.. :)