Poster Film Marley

“Marley” Film Dokumenter Kehidupan Bob Marley

Marley adalah film dokumenter biografi Bob Marley, musisi reggae sepanjang masa yang meninggal pada tanggal 11 May 1981. Film ini disutradarai Kevin Mac Donald yang dirilis di bioskop tepat pada tanggal 20 April 2012, hari ganja sedunia (Weed Day 420).

Soundtrack to Marley dirilis empat hari sebelumnya, tanggal 16 April 2012. Soundtrack to Marley berisi lagu-lagu Bob marley yang diputar sepanjang film berlangsung, kecuali “A Teenager in Love”. Single pertama soundtrack adalah “High Tide or Low Tide” yang dirilis pada tanggal 9 Agustus 2011. Tracklist dalam soundtrack ini disusun secara kronologis seperti yang muncul pada film. Ini adalah rekaman pertama yang memiliki fitur rekaman Bob Marley melakukan Jamming di Konser One Love Peace Concert, di mana Bob Marley bergabung tangan Michael Manley dan Edward Seaga, anggota Partai Rakyat Nasional dan Partai Buruh Jamaika.

Film Marley mendapatkan respon dan pujian yang sangat tinggi. Pada Rotten Tomatoes, film ini memegang peringkat 95%, berdasarkan 93 ulasan dan nilai rata-rata 7.9/10, dengan komentar, “Kevin Macdonald dengan lengkap menampilkan potret dari seorang Bob Marley.” Ia menawarkan rekaman konser electrifying dan wawasan menarik dari seorang bintang musik reggae terbesar di dunia. Marley juga mendapatkan skor 82 dari 100 di Metacritic, berdasarkan 32 review. Pada tanggal 4 Agustus 2012, film ini tercatat telah meraup $ 1.412.124 di Amerika Utara.

Biografi
Bob Marley
dilahirkan tanggal 6 February 1945 di desa Nine Mile di Saint Ann Parish, Jamaika sebagai Nesta Robert Marley. Seorang pejabat paspor di Jamaica kemudian mengganti nama depan dan nama tengahnya. Ayahnya, Norval Sinclair Marley, adalah seorang Jamaika keturunan campuran Inggris dan Suriah-Yahudi, yang berasal dari Sussex, Inggris. Ibunya bernama Cedella Booker, seorang Afro-Jamaika yang menikah di usia 18 tahun. Norval sangat memperhatikan istri dan anaknya, namun sayangnya ia jarang bertemu mereka karena pekerjaannya. Pada tahun 1955, ketika Bob Marley berusia 10 tahun, ayahnya meninggal karena serangan jantung di usia 70. Selama hidupnya Marley menghadapi pertanyaan tentang identitas rasial dirinya dan ia merefleksikannya.

Bob Marley mulai mencintai musik dan membentuk band pada tahun 1962. Band pertama yang dibentuknya adalah The Teeneger. Ketika itu Bob Marley dan kawan-kawan memainkan musik ska rocksteady. Band inilah cikal bakal The Wailers, sebuah grup yang sangat populer hingga saat ini.

Pada tahun 1977 Bob Marley sebenarnya sudah didiagnosa mengidap kanker kulit, namun hal tersebut disembunyikan dari publik tanpa alasan yang jelas. Bob Marley meninggal di Miami, Florida, Amerika Serikat pada tanggal 11 Mei 1981 diusia yang ke-36 tahun. (cpt)

CATATAN:
Rumah Hijau LGN kembali akan menggelar acara edukasi bulanan yang rencananya akan memutar film “Marley” pada awal bulan November 2012. Acara nonton bareng ini GRATIS dan merupakan bagian dari program Edukasi Bulanan LGN. Nantikan Info selanjutnya di Legalisasi Ganja Newsletter, Facebook LGN dan Twitter LGN.