Happy Brirth

LGN Day 420 – Anniversary Rumah Hijau 2012

April menjadi bulan yang paling semarak, Rumah Hijau akan merayakan hari jadinya yang ke-1. Rumah Hijau atau kantor sekretariat LGN diresmikan tgl.23 April 2011 di aula Taman Situ Gintung 3, Ciputat. Pada bulan yang sama, pecinta tanaman ganja diseluruh dunia akan memperingati hari ganja sedunia atau “Weed Day 420” yang ditetapkan tanggal 20 April atau lebih populer disebut dengan angka 420 (bulan 4 tanggal 20).

Launching Rumah Hijau LGN 2011

Tanggal dan bulan Weed Day terinspirasi sesuai dengan jam sosial ganja 4:20pm, yaitu suatu kegiatan diskusi yang biasa dilakukan remaja di San Rafael, California pada sore hari di tahun 70an. Pada waktu itu kelompok remaja dari San Rafael High School rutin berkumpul sambil menikmati ganja bersama-sama dan menolak keras pelarangan ganja. Sekarang 420 dirayakan sebagai hari peringatan akan perjuangan legalisasi ganja. Jack harer, aktivis ganja penulis buku Emperor Wears No Cloth tutup usia pada tgl.15 April 2012. Steven Hager, seorang aktivis ganja pendiri majalah High Times menetapkan 420 sebagai hari peringatan meninggalnya Jack Harer sebagai seorang pejuang gerakan legalisasi ganja dan hari itu disebut “The Jack harer Day”.

Perayaan Hari Ganja (Weed day) 420.

Steven Hager mengatakan, 420 adalah sub kultur dari Budaya Cannabis (Cannabis Culture) yang mengajarkan anak muda untuk berprilaku baik dan menjadi pengguna ganja yang bertanggungjawab. Pemahaman kata bertanggungjawab sangat luas, yaitu sebagai pengguna ganja, mereka harus menyadari betul bahwa apa yang mereka lakukan dengan ganja akan mendapatkan konsekuensi hukum jika tertangkap. Ganja sampai saat ini masih masuk ke dalam golongan 1 narkotika, oleh karena itu berhati-hatilah selama menyimpan dan menggunakannya. Akan tetapi menurut filosofi Cannabis Culture, menggunakan ganja merupakan pilihan pribadi masing-masing individu.

Budaya penggunaan ganja sebenarnya sudah berlangsung ribuan tahun yang lalu. Bangsa-bangsa di dunia sudah lama memanfaatkan tanaman ganja dan menjadikannya sebagai bagian dari sebuah tradisi dan ritual keagamaan. Sayangnya di abad modern ini ganja justru menjadi tanaman ilegal, padahal pada waktu ganja masih bebas digunakan, tidak pernah terjadi masalah, bahkan selama ribuan tahun ganja (hemp) telah menyediakan kebutuhan hidup manusia.

Aktivis LGN menyadari betul bahaya dari UU narkotika yang melarang penggunaan ganja. Oleh karena itu kami akan mengingatkan kepada siapa pun untuk selalu berhati-hati. Sementara ini, LGN akan terus memperjuangkan hak-hak umat manusia untuk dapat menggunakan dan memanfaatkan tanaman ganja.

Melalui peringatan hari Weed Day dan ulang tahun Rumah Hijau, kami aktivis ganja LGN mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang selama ini diberikan. Dengan dukungan Anda, kami akan terus bergerak maju mencapai visi dan misi.

Acara ulang tahun Rumah Hijau dan perayaan Weed Day 420 akan digelar hari Minggu 22 April 2012 jam 14:00 – 21:00 di aula Taman Situ Gintung 3, Ciputat. Acara ini akan diramaikan teman-teman musisi pendukung legalisasi ganja. (cpt)

Undangan: http://www.facebook.com/events/